21 Okt 2011

Karburator Yamaha Nouvo: ATASI GAS NGELOS DAN BENSIN BOCOR

Tren motor sekarang, rata-rata mesinnya mengadopsi karburator Skiner Union (SU). Penyuplai bensin ini punya seabrek keistimewaan, misalnya campuran bensin dan udara lebih presisi, sehingga motor jadi minim polusi, irit, dan performanya lebih baik. Meski demikian tak bebas persoalan. Pengalaman Ediyanto dengan Yamaha Nouvo miliknya, menunjukkan: tarikan gas ngelos dan bensin bocor dari karburator. Solusi dibawah ini mudah-mudahan bisa membantu. Apalagi perawatan SU tak bisa seperti karbu jenis lain.

MEMBRAN KOYAK
Paling sensitif adalah fungsi membran karet di kepala karburator. Tipe penyuplai bensin yang juga dipakai buat Yamaha Scorpio, Honda Sonic, Hingga Suzuki Thunder ini menggunakan karet membran tipis untuk menjaga kevakuman. Bila karet bocor, tak terjadi tekanan balik pada diafragma, sehingga udara berlebihan masuk ke ruang diafragma.
Mesin sih bisa tetap hidup buat putaran rendah (langsam). Tetapi kalau gas ditarik, menurut seorang instruktur mekanik di Jakarta, mesin bakal mati.
Nah, sebaiknya cek baik-baik kondisi karet ini dari kebocoran atau kotoran. Kalau koyak mesti diganti baru. Bisa dibeli karet membrannya saja. Soal penyebab bensin bocor pada tipe karbu yang juga bisa disebut variabel veturi ini tak beda dibanding tipe karbu lain. Artinya, bisa disebabkan oleh kotoran masuk ke ruangan pelampung, jarum pelampung rusak atau setelan ketinggian pelampung yang tidak benar. Nah, tinggal dicermati ketiga poin di atas. 
   

Bila kotor, silahkan buka floating chamber. Lantas, bersihkan pakai bensin. Untuk jarum pelampung, terpaksa diganti bila ujungnya tergores atau luka. Beda dengan ketinggian pelampung yang bisa disetel ulang. Langkah pamungkas: penyetelan pilot screw. Untuk Karbu SU, pilot screw atau setelan angin bercampur langsung dengan bahan bakar. Jadi, yang diatur jumlah campuran bensin yang sudah di mix dengan udara. Langkah ini paling optimal dilakukan saat mesin mati dan berlaku pada semua motor. Untuk jumlah bukaan setelan sekrup, bisa dilihat pada buku petunjuk setiap motor.


2 komentar: