29 Okt 2011

Yamaha Jupiter-Z: TAMBAH LAHER KRUK-AS AWET

Kruk-as Yamaha Jupiter-Z kerap patah bila di pakai balap. Penyebabnya, menurut seorang mekanik pentolan, diameter kruks-as kecil dan magnet berat. Jadi, kalo engine brake sedikit saja salah, siap-siap ganti poros engkol. Solusinya ? " Tambahkan laher pada ujung kruk-as magnet." Maka goyangan ekstrem kruk-as saat pengereman mesin dapat di redam sehingga tak mudah patah.




So, bubut cover magnet pada lubang baut penutup seukuran diameter bearing berkode 6200. Posisinya tepat di tengah massa sepul pengapian dan pengisian. Lalu tempatkan bantalan peluru tersebut (gambar 1). Lalu, ujung kruk-as magnet disesuaikan dengan diameter lubang laher. Bubut hingga diameter 10 mm sepanjang 10 mm (gambar 2).


Alhasil, berkat penemuannya ini, motor pembalap Irvan Chuapenk dan Andry Dry tak pernah lagi mengalami patah kruk-as. Buat harian boleh juga...





1 komentar:

  1. kalau untuk ujung kruk as sebelah kopling gimana solusinya gan..

    BalasHapus