29 Okt 2011

Yamaha F1Z-R: CARA SEDERHANA MENYETEL POMPA OLI

Idealnya, menurut pihak pabrikan Yamaha, 1 liter oli samping Yamaha F1Z-R habis dalam jarak 1.300 km. Jika habis sebelum jarak itu, berarti oli terlalu kaya. Sebaliknya, sudah sampai pada 1.300 km oli masih sisa banyak, berarti oli terlalu mskin. Patokan standar konsumsi oli itu sesuai dengan tingkat kerja mesin. Contohnya, pada putaran mesin normal atau stasioner, 1 liter bensin butuh campuran 20 cc oli. Sedangkan di putaran atas dan biasa diterapkan dalam balap, 40-45 cc oli.


Jika konsumsi oli sudah meleset dari ilustrasi di atas, banyak akibatnya. Jika miskin,  piston, ring piston, dan silinder yang digasak. Sebaliknya bila kaya, busi dan oli jadi boros. Padahal, penyebabnya pada setelan baut puli bergesr turun atau naik. Untuk menyetelnya cukup mudah. Caranya, mesti liat langsung setelan baut puli alias dudukan kabel pompa oli yang bisa disetel dengan kunci  pas 8 dan tang (gambar 1). Hanya saja penyetelan harus mempelajari konsumsi oli. Jika oli lebih kaya, berarti posisi bautnya lebih rendah dari puli. Sebaliknya, kalau oli miskin, setelannya pasti lebih tinggi. Toleransi tinggi rendahnya baut dengan puli antara 1,5 mm.


Jika langkah ini sudah diantisipasi namun konsumsi oli masih kacau, pompanya harus dibersihkan dengan langkah sederhana. Untuk yang ini harus di sediakan alat tambahan, berupa kunci pas atau kunci ring 10 dan obeng kembang. Cabut selang oli yag mengarah ke karburator. Buka tudung rumah pompa oli dengan kunci 10 dan obeng kembang (gambar 2). Lalu, cungkil karet penutup setelannya dengan obeng min. Selanjutnya, buka dua baut penutup atas pompa oli dengan kunci ring 10.


Lepas dua sekrup pemegang pompa oli dengan obeng kembang dan angkat pompa olinya (gambar 3). Jika sudah terlepas, cucilah bagian dalamnya dengan minyak tanah hingga bersih. sembari mencuci, putar berkali-kali pentolan pompa oli hingga kerjanya leluasa (gambar 4). Setelah itu, pasang kembali pompa oli seperti saat membuka. Jangan lupa, slang dari pompa oli harus ditancapkan lagi ke karburator.


7 komentar:

  1. itu cara bersihinnya harus bongkar blok apa gak usah

    BalasHapus
  2. itu cara bersihinnya harus bongkar blok apa gak usah

    BalasHapus
  3. Punya saya sudah setting palung irit tapi oli kok ttp aja boros gan,,apa masalah nya..mohon saran nya

    BalasHapus
  4. Gan q pnya fiz r knp ko tenagay kosong apa lg di gigi 3-4 gk ad tenaga tp klw dr gigi 1-2 ngeden dulu ampe suara jrit baru kenceng tu jagoan trus asapy juga klw baru diidupin banyak banget biar sambil jalan banyak mohon pencerahany

    BalasHapus
  5. Mas mohon pencerahannya kalo punya ku olinya terus meleleh lewat pompa oli.
    Mohon pencerahannya kira kira apanya yang rusak.
    Thanks before.

    BalasHapus
  6. Kasus yg sama pompa oli slalu netes bocor. .oli keluar walaupun posisi mtr mati semalaman..

    BalasHapus