4 Nov 2011

Yamaha RX-King: MENGHANDEL GIGI BANDEL

Meski laku berat di pasaran, RX-King juga punya kelemahan. Misalnya, ketika lagi enak ngebut, tiba-tiba gigi tarnsmisi suka bandel alias susah dioper. Gejala ini, menurut informasi seorang mekanik di Jakarta Barat, sudah sejak pertama motor itu dipasarkan. Tenang. Bukan berarti penyakit itu mematikan. Ada obat penawar agar peranti itu jadi enteng. Caranya, setel mekanisme pemindah gigi di bak mesin. Dijamin, hati jadi tentram.


KUALITAS OLI
Sekedar informasi, sistem kerja transmisi motor, khususnya jenis 2-tak, sangat dipengaruhi pelumasan. Begitu juga pada RX-King, sangat tergantung kualitas oli yang baik. Meski begitu, tidak mesti pakai pelumas mahal. Terpenting, harus sesuai spesifikasi pabrik (SAE 10/30 SE atau bisa juga yang lebih kental). Pernah di uji coba, ternyata oli mahal tidak menjamin perseneling jadi enteng. Malah yang biasa, lebih enak dipakai.

Kalau pelumas juga tidak bisa mengatasinya, baru deh pakai cara efektif yang diterapkan mekanis spesialis balap ini. Tekniknya memang ribet, tetapi ketimbang kaki pegel, lebih baik mengikuti caranya. Sekarang, ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini. Sebelumnya, sediakan alat kerja obeng ketok, kunci ring 17 mm, obeng kembang, kunci T-10, sok 19 mm, dan kunci penahan daya (flywheel holding tool)


Selanjutnya, buka tutup oli yang berada di bawah bak mesin. Gunakan kunci ring 17 mm. Tampung oli transmisi di wadah yang sudah disediakan. Bila tetesan oli sudah habis, lanjutkan membuka tutup rumah oli. Caranya kendurkan 3 pengikut sekrup pengikat pakai obeng kembang. Kalu keras, manfaatkan obeng kembang ketok (gambar 1). Lalu, lepaskan juga tutup bak mesin (crankcase).

Gunakan obeng kembang, ketok lagi untuk meloloskan tujuh sekrup penguncinya. Kalau sudah, tarik bak mesin itu perlahan, agar pakingnya tak koyak. Itu artinya : anda bisa menghemat biaya kan? Sekarang, lanjutkan membuka rumah kopling. Kendurkan dulu 4 baut pengunci pelat pengangkat / penutup rumah kopling dengan obeng kembang. Agar mudah, gunakan kunci sok atau T-10 (gambar 2). Cabut penutupnya dengan tangan, berikut kampasnya.


Lalu, kendurkan baut rumah kopling pakai kunci sok 19 mm. Agar tidak ikut berputar, manfaatkan kunci penahan roda daya (flywheel holding tool) (gambar 3).


Jika tidak punya alat ini, ada cara lain. Masukkan perseneling pada gigi 1, sambil menginjak rem belakang. baru kemudian kendurkan baut. Setelah rumah kopling dibuka, akan terlihat setelan mekanisme pemindah gigi. Untuk menyetelnya, gunakan obeng minus dan kunci ring 14 mm sebagai penahan. Putar sekrup pengatur ke arah kiri atau kanan (gambar 4).


Jangan lupa, untuk mendapatkan setelan yang pas, sambil memainkan tuas pemindah gigi apaki kaki. Bisa juga menggerakkan pakai tangan pada pengungkit tuas perseneling yang ada di bak mesin. kalu sudah oke, berarti sudah hampir selesai. Terakhir, rangaki kembali komponen yang sudah dilepas tadi. Langkahnya, kebalikan waktu membuka. Kalau pakingnya masih bagus, itu bisa dipakai lagi dengan bantuan lem.

28 komentar:

  1. bos saya mau beli gigi primer ada gak ia ...?

    BalasHapus
  2. Maaf saya mau tanya klo motor ga bisa ngoper gigi apa.a yg rusak tolong minta saran.a :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong juga om .. Punya saya juga kendala yang sama .. Motor hidup .. Klo di oper gigi .. Ngerasa udh masuk tapi motor ndak mau jalan .. Apanya ya om

      Hapus
    2. Kalo dah masuk gigi ngx mau jalan..kampasnya bg..kalo kurang coba tambah 1 lg..kampasnya

      Hapus
  3. Maaf saya mau tanya klo motor ga bisa ngoper gigi apa.a yg rusak tolong minta saran.a :)

    BalasHapus
  4. saya mau tanya untuk..untuk tarikan gigi 1&2 top cer tp pas masukin gigi slnjutnya melemah dan mesin panas..kendala apa y..tolong minta saran.nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbesar kamar membran
      Perbesar spuyer jet dan main jet nya

      Hapus
  5. saya mau tanya untuk..untuk tarikan gigi 1&2 top cer tp pas masukin gigi slnjutnya melemah dan mesin panas..kendala apa y..tolong minta saran.nya :)

    BalasHapus
  6. Gan mau tanya klo naikin gigi oke aja tapi pas nurunin gigi kadang tuas gak mau balikk kenpa yah

    BalasHapus
  7. Gan motor rx king nih...kadang oper gigi turun gigi tuas kadang gak mau balik ...knp yah?

    BalasHapus
  8. Ganti pelatuk giginya gan bawa ke bengkkel yg berpngalaman.. gak nyampe 100 rb baikinnya

    BalasHapus
  9. Bos mau tanya rx king saya ada bunyi kletek2 tapi kalau di kopling suaranya hilang itu apanya ya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bos rumah kopling atawa rumah kopling ny yg dh aus bos

      Hapus
  10. Bos mau tanya rx king saya ada bunyi kletek2 tapi kalau di kopling suaranya hilang itu apanya ya bos

    BalasHapus
  11. Bos mau tanya nih..saya punya rx king thun 1994, yg buat heran saya kok persenelingnya Cuman ada 4gigi..?

    BalasHapus
  12. bos mo nanya knp motorking ane gigi nya cm sampe gigi satu ajh dan netral?

    BalasHapus
  13. bos mo nanya knp motorking ane gigi nya cm sampe gigi satu ajh dan netral?

    BalasHapus
  14. bos mo nanya knp motorking ane gigi nya cm sampe gigi satu ajh dan netral?

    BalasHapus
  15. mohon bantu kawan motor saya rxking masukan gigi 1 dan 2 ok ,permasalahan masuk gigi 3 kadang mau kadang tdk nyatol kadang los, masukan 4 dan 5 tdk ad kedala seperti 1 dan 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bos masalah nya dengn motor saya..
      Gigi 3 dapat masuk tapi tdk mau jalan... Kadang jg bisa jalan bos..
      Itu masalah nya apa yaa

      Hapus
  16. kalo king saya nggantung ketika masukin gigi dua bos.cara nyetelnya posiai ujung platuk nempel kw rotasi 4 pen atau pada pertengahan platuk bos? kalo jumblah pen untuk yang di kaitkan ke platuk ada berapa ya bos

    BalasHapus
  17. Nnya satu gan.. Kalau rx king saya pas nurun nin giigi nya nyangkut aja bos susah balik lagi ke atas harus di dorong lagi dengan kaki.. Itu kenapa ya gan

    BalasHapus
  18. Mau tanya gan, motor saya rx spesial habis ganti kopling jadi sulit masuk gigi 1 kenapa ya? Tolong infonya para suhu

    BalasHapus
  19. Aku mau tanyaq gan
    Motor aku rx k
    Pas masuq gigi 3 kaloq mau laju kayaq di kopling2 padahal taq di kopling
    Masalahnya apa tu gan???

    BalasHapus
  20. Bos saya maunanya rxking saya kalau turun gigi dari 3 langsung netralapa masalahnya itu bisa dari oli mohon jawabannyah

    BalasHapus
  21. Om,Rx king saya klo mau nurunin gigi ko malah netral,terus klo di congkel sedikit kebelakang langsung masuk ke gigi besar2/3 gitu kenapa ya..
    Terima kasih Om

    BalasHapus
  22. Om,Rx king saya klo mau nurunin gigi ko malah netral,terus klo di congkel sedikit kebelakang langsung masuk ke gigi besar2/3 gitu kenapa ya..
    Terima kasih Om

    BalasHapus