6 Nov 2011

Yamaha RX-King: KAMPAS MAKSIMAL PAKAI RING PENGGANJAL

Ingin gesekan kampas kopling motor bekerja maksimal? Coba deh jurus yang satu ini. Tak perlu papas nap atau ganti per kopling racing. Cukup pasang empat ring pengganjal di dalam rumah pegas kopling. Bisa dipakai tahunan dan modalnya sangat terjangkau

Syaratnya, penekan kopling model empat kaki. Begitu sebut seorang kepala bengkel bubut di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jurus ini bisa dilakukan pada Yamaha F1Z-R, Vega, Crypton, RX-King, RX-Z, juga merek lainnya.
        

MATERIAL BAJA
Kenapa peranti itu perlu diganjal? Itu untuk memaksimalkan pemakaian kampas kopling di kuda besi, sehingga meski kampasnya sudah tipis, tak mudah selip. Biasanya, trik yang dilakukan adalah menambah pelat agar kampas kopling lebih rapat.


Lainnya, memapas kaki 4 (nap) di bos kopling atau mengganti per penekan yang lebih keras. Namun, ada cara paling aman dan tak mengubah konstruksi peranti itu. Cukup pakai ring pengganjal per penekan kampas kopling dari baja setebal  2-3,5 mm (gambar 1).

Kalu material lunak, gampang patah karena tekanan per. Lagi pula, dijamin gesekan kampas lebih mantab, perpindahan perseneling jadi lancar. Nah, ketimbang pusing mikir, lebih baik langsung praktik. Sebagai contoh, dipasang pada RX-King. Langkah awal, keluarkan oli transmisi dari baknya. Buka baut pengunci di bawah bak pakai kunci pas 17 mm. Lalu, lepas seluruh mur tutup mesin sebelah kanan dengan obeng kembang (gambar 2).


Kalau tutup mesin sudah dicopot akan terlihat rumah penutup kopling. Untuk melepasnya, gunakan kunci sok T-10 mm untuk membuka 4 baut penahan per kopling (gambar 3). Jangan lupa pernya ditarik keluar perlahan. Bersihkan tutup kopling dan per dari oli, dan bawa ke tukang bubut untuk dibuat ring pengganjal per.


Kalau tidak dibawa ke tukang bubut, ukuran cincin baja bisa tidak pas masuk dalam rumah pegas. Untuk RX-King, dianjurkan ketebalan ring 2 mm. Bisa juga 3 mm, namun resikonya tuas kopling akan terasa keras saat ditekan. Untuk bebek seperti F1Z-R, Vega, Supra, dan Kaze tebal cincinnya sama dengan RX-King, 2 mm. Khusus untuk NSR, Ninja, Tiger, dan GL-Pro tebal cincin 3,5 mm. Kalau sudah selesai dibuat, giliran memasang alat itu kembali.


Rangkai tutup kopling di tempatnya, masukkan dulu ring, baru pernya (gambar 4). Lantas, kunci pakai baut dengan kuat. Bila semua per dan ring dipasang, rakit lagi semuanya. Ingat, sebelum tunggangan dibawa jalan masukkan dulu pelumasnya.

6 komentar:

  1. SAYA ADA KENDALA SAMA MOTOR RX KIN SAYA
    MOHON BANTUANYA

    BalasHapus
  2. Iya saya bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru beli RX king second
      Kalo d tarik kopling trus masuk gigi malah mesin mati
      Tp kalau langsung masuk gigi mesin gak mati

      Hapus
  3. Klo kampas kopling rx king di pakek rx z bisa gak min tlong jwbnya

    BalasHapus
  4. minta ifo bos. motor rx king saya. kalo masuk gigi di kopling jalan terus. itu kendalanya apa ya bos

    BalasHapus
  5. minta ifo bos. motor rx king saya. kalo masuk gigi di kopling jalan terus. itu kendalanya apa ya bos. kalo udh buat jalan jauh

    BalasHapus