1 Nov 2011

Yamaha F1Z-R: GANTI SIL KRUK-AS

Kalau motor Anda memang jebol, sekarang giliran langkah penggantiannya. Awas, jangan ditunda-tunda. Dari pada nantinya merembet ke komponen lain, sekarang coba praktikan di Yamaha F1Z-R full cluth.

CUNGKIL
Caranya mudah. Siapkan peralatan yang dibutuhkan : obeng ketok, palu, kunci sok 10 mm, 8 mm dan 17 mm, serta obeng min sudah pasti, berikut sil kruk-as baru. Pertama, lepas kick starter dengan melepas pengikat baut 10. Lalu, tuas pengungkit kopling yang ada di bak kopling. Tanggalkan 7 baut kembang guna membebaskan bak kopling pakai obeng ketok.




Setelah itu, giliran melepas komponen-komponen mesin. Mula-mula lepas mur pengikat gigi primer pakai kunci sok 17 mm (gambar 1). Biar kruk-as tidak ikut berputar, tahan gerak piston pakai top busi yang dipasang di dudukan busi. berikutnya, copot secara berurut ring, bost panjang yang menyelimuti batang crank shaft bagian kanan serta gigi plastik pemutar pompa oli. Hati-hati spi penahan, putaran bost jangan sampai tercecer. Kini giliran melepas perangkat kopling. Pertama, lepas 4 baut 8 mm pengikat pelat penekan kopling pakai kunci sok (gambar 2). Lantas, lepas keempat per kopling plus pelat penekan. Tanggalkan juga semua kampas kolping berikut pelat geseknya.


Berikutnya, copot mur 17 mm pengancing center cluth atau poros kopling (gambar 3). Biar center cluth tidak ikut berputar, tahan pakai alat khusus bernama rotor holding tool. Atau bisa juga menggunakan baut 12 mm sepanjang 5 cm. Caranya, salah satu ujung baut diletakkan pada lekukan center cluth (got dudukan pelat gesek). Ujung satunya lagi di as kick starter. Bila mur berhasil dilepas, lepas mangkuk kopling.


Lalu, tanggalkan gigi primer berikut ring penahannya dari batang kruk-as. Kemudian lepas baut pelat penahan sil kruk-as pakai obeng ketok. Cabut pula bos sil kruk-as. Nah, sekarang tinggal mencungkil keluar sil tersebut pakai obeng min (gambar 4). Untuk memasang sil baru, gunakan sil bekas dan ketok dengan palu plastik secara perlahan dan merata hingga terpendam ke dalam. Jika sudah terpasang, Anda tinggal merangkai kembali bagian yang sudah dilepas tadi.


9 komentar:

  1. kick starter ku tdk bz kembali

    BalasHapus
  2. kalau gak bisa kembali, problemnya di per kick starter mas robi, bisa jadi per_nya patah atau kaitan pernya lepas dari dudukannya.

    BalasHapus
  3. mas nmpng tanya, klaw motor saya, gigi 3 nya selip mas, jdi mnghidupkan motor harus main sorong mas, itu apa nya yg prlu di gnti mas, dan kira'' dana nya knak brapa ya mas, mohon infonya mas....

    BalasHapus
  4. mas, ciri-ciri seal kruk as bocor tu gmn ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oli mesin cepat habis, karna masuk ke tuang bakar

      Hapus
  5. Punya saya juga kayaknya rusak, soalnya iseng2 cek oli mesin berkurang, udah gt tidak biasanya asepnya tebel banget, baunya aneh seperti oli 4tax yg terbakar, mesti kebengkel nich!!!

    BalasHapus
  6. Numpang nanya bos, punya saya f1zr ketika keadaan netral dia bisa di gas full dan ketika sudah dimasukkan gigi atau jalan dia nggak bisa digas mulai putaran tengah ke atas. Itu masalah nya kira kira dimana ya bos

    BalasHapus
  7. Mas.. gmna klw fiz r gak mau langsung turun gasnya.. bunyi teng teng teng teng klw habis di gas.. apa solusinya

    BalasHapus
  8. gmna klw fiz r gak mau langsung turun gasnya.. bunyi teng teng teng teng klw habis di gas.. apa solusinya

    BalasHapus