12 Des 2011

Masalah Karbu Yamaha Mio


Karburator Yamaha Mio
Sepeda motor mioku mengalami masalah pada performa mesinya. Gejala-gejala yang sering muncul yaitu ketika digunakan naik tidak kuat, dan pada keadaan tertentu tiba-tiba mesin drop, bahkan ketika putaran rendah digas besar bisa mati total. Terkadang mesin pada putaran tinggi tiba-tiba seperti kekurangan bensin. Tapi kadang pada putaran putaran tertentu seperti normal tapi dengan segera cepat kembali bermasalah seperti semula seperti bensin tidak ngisi ke karbu.


Analisa.
Dari gejala-gejalanya bisa di duga masalahnya di pasokan bensin. Tapi semua itu harus dibuktikan. Hal termudah kita cek kondisi busi. Dari hasil bacaan hasil pembakaran dibusi terlihat bahwa masalahnya bukan pada campuran bensinya. Namun pasokannya yang kurang lancar.

Ada beberapa komponen yang perlu dicek pada kondisi seperti ini :
  1. Klep vakum bensin (perlu diketahui bahwa mio menggunakan klep vakum) jika bermasalah akan menyebabkan masalah semisal berdasarkan pengalaman
  2. Jarum pelampung bensi juga bisa dicurigai
  3. Membran skep vakum karbu
  4. Spuyer karburator yang sering kotor
  5. Dan berbagai kemungkinan yang lain
Membran Skep Vacum Karburator
Hmm langsung saja sebenarnya ini analisa yang membutuhkan dana, tapi anda bisa langsung mengetahuinya langsung saja ilmu saya bagikan.

Sebelum saya menemukan masalah saya lakukan beberapa treatment :
  1. Saya lakukan penyetelan awal di 4 lokasi diatas tapi hasilnya gak ada perubahan.
  2. Mengganti klep vakum bensin yang memang sudah mulai rusak (seperti yang saya katakan tadi memungkinkan sebegai penyababnya). Namun hasilnya masih nihil.
  3. Akhirnya dengan insting dan pengalaman yang saya miliki, kecurigaan mengarah kepada membran skep vakum karbu. Dan langsung saya ganti dengan komponen orisinal  dan dicoba ternyata masalah tersebut hilang semua tuntas.

66 komentar:

  1. gan..kira2 harga vakum karbu 1 set skalian jarumnya berapa y???

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga membran vacum Rp 130.000, jarum skep Rp 25.000

      Hapus
    2. Mending beli karbu rx king.tokcer
      Paling pego

      Hapus
    3. Tau mahal banget lu jualan vacum carbu boss...cuma 80 ribuan satu sett

      Hapus
    4. Maaf nanya bos, saya punya mio soul karbu, yg jadi masalahnya sudah saya stel rendah rpmnya, tapi rpm nya gak mau turun, jadi rpm slownya jadi tinggi, itu apa solusinya bos, makasih

      Hapus
    5. Maaf nanya bos, saya punya mio soul karbu, yg jadi masalahnya sudah saya stel rendah rpmnya, tapi rpm nya gak mau turun, jadi rpm slownya jadi tinggi, itu apa solusinya bos, makasih

      Hapus
  2. Gan motor mio soul saya udah bolak balik bengkel, sampai yam4ha resmi juga udah, katanya tutup tangki nya, tapi ampe g ditutup tuh tangki tetep aja mati, tapi masalahanya motor mati ketika ada yang bonceng, jadi tersendat sendat lalu mati, itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke.gw dapetin masalah itu waktu costumer dtg kebengkel gw gan.
      Ternyata pasokan bahan bakar ga sampe ke karbu lantaran selang vakumnya copot.dan ada kemungkinan kenapa selang itu bisa lepas dari dudukannya jg lantaran selang tersebut pernah dipotong tanpa atau mungkin diketahui siempunya.krn getas sih biasanya..
      Dan kalau sudah pernah dipotong pastinya selang tsbt jadi pendek gan.... dan dengan gerakan suspensi belakang yg selalu naik turun itu membuat selang lelah dan akhirnya copot.
      Semoga bermanfaat ya...

      Hapus
  3. sama penyakitnya ma mio soul ane tersendat2 tapi gak sampe mati

    BalasHapus
  4. pe lge gw....tips nh pas bngt tuk karbu mio soul gw skrg!

    BalasHapus
  5. klo mio gw sering mati klo mesin masih dingin,,walaupun setelan gasnya udh d'gedein...kya g ad napasnya..tp klo udh panas lansam biasaa.....knp ya?
    udh bolak balik bengkel tetep aj g bsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengalaman ane nih,biasanya kalqu pagi2 susah langsam itu tandanya klep in/penyedotan bensin itu terlalu rapat gan..coba deh sedikit dilonggarin.. Stelan klep pembuangan/knalpot jg harus lbh longgar sedikit dr pada stelan klep in.

      Hapus
    2. kalo pas diturunin gasnya menembak . dan saya setting ulang karbu saya tapi engga dapet terus settingannya itu knapa ya

      Hapus
    3. kalo pas diturunin gasnya menembak . dan saya setting ulang karbu saya tapi engga dapet terus settingannya itu knapa ya

      Hapus
  6. gan mio gw bermasalah ,,,kalo di gas gede gak mau lari tpi mlah tersendat-sendat..kira -kira settingan apa'nye gan....

    BalasHapus
  7. gan kalo mio ane pas pertamanya normal
    pas udh agak lama dipake jalan langsamnya jadi gede gan
    g mau balik lagi k normal
    kira2 knpa tuh gan
    mohon pencerahan dari agan

    BalasHapus
  8. gan mau tanya, karburator saya bermasalah dan harus di ganti karna karet karbu pecah dan jadi kerak sehingga menyebabkan bensin sangat boros sekali dan terinfo oleh bengkel mau tidak mau harus ganti karbu karna keterbatasan dana, apakah bila memakai karbu non orisinil seperti keihin tidak masalah dan apakah akan tetap boros juga? mohon sekali informasinya berikut no saya di 081316611744

    BalasHapus
  9. Gan, ane punya motor mio smile, tapi ngk kuat diajak ngebut, kecepatan rata2 nya cuma sampai 60 KM
    Yg bermasalah karbunya atau mesin nya ya gan, mohon infonya kirim ke email sya,
    Riko.caniago@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek terlebeih dahulu kondisi mesin nya gan..dengan cara ganti karbu mio nya pake mio punya temen(minjem dulu) tp yg masih normal kondisinya. Kalau setelah pake karbu lain keadaan nya masih sama ga ada tenaga nya bisa jd ada masalah dengan mesin nya paling utama bagian CVT. Masalah biasanya dibagian roller,penbell,dan per kampas kopling nya.

      Hapus
  10. gan, mio soul saya kok tenaganya berkurang dan gas lambat turun, mohon solusinya. ke email saya
    abigaoh@yahoo.co.id

    BalasHapus
  11. misi gan mau tanya , sya punya mio kalo digas blm setangah putaran mau jalan normal tapi giliran gas diputar setengah keatas malah ga mau jalan alias ngdrop. mohon pencerahannya gan makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bakalan jawab bro..la wong artikelnya copas dari autochampion blog....btw permasalahan km cukup ganjal aja pake plastik / karet keras + - 5 mm x 2mm diatas jarus skep vacumnya..dijamin nendang lagi..tu akibat permukaan skep vakumnya dah aus.

      Hapus
  12. Coba ane jawab berdasarkan pengalaman bengkel ane. Mesin motor ngedrop saat gas di gedhein tak lain penyebabnya fungsi klep (Valve). Si klep ini kurang sempurna nutupnya. Jadi masih ada sedikit tekanan balik dari ruang busi (Blok). Klo ini sih terpaksa turun mesin. Klo distribusi bensin yang kurang lancar, biasanya dirasakan tarikannya jadi drop ato kadang mati, itu penyakitnya memang ada di karet vakum spt penjelasan diatas. Tapi jangan keburu nuduh si klep karet vakum, karena dia baru kebuka kalau ada tekanan negatif dari leher angsa si karburator. Liat aja di leher karburator yang mw ke mesin ada selang karet terhubung. Nah kalo si selang ini longgar akibat pemakaian (kena bensin, kepanasan, tarik ulur) maka klep tidak terbuka walhasil bensin tidak lancar. Semoga berguna.

    BalasHapus
  13. Bos kenapa vakum motor moto gua sering rusak, padahal udah ganti orinya?

    BalasHapus
  14. gan kalo motor kaya kehabis bensin kira kira kenapa ya?

    BalasHapus
  15. mas, mau nanya mtor mio soul saya tiba2 sendat2 dan bunyi jadi saya ke bengkel langganan saya trus katanya masalah kampas ganda, trus saya tuker deh kampas gandanya , udh baik stelah 3 hari balik lagi penyakit sendat2 tapi tidak bunyi, itu kenapa ya mas ? saya ke dealer yamaha katanya ganti ini itu kena nya hampir 2 juta :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek dlu bagian roler nya pada benjol ga? Kalau benjol itu harus diganti. Yg paling penting cek rumah kopling ganda nya dn mangkuk koplingnya. Biasanya kalau awal start ngegeredeg kata orang sunda mah,bisa jd mangkuk kopling nya udah geol alias muternya udah ga pas.

      Hapus
  16. Mas sy mau tanya,
    Motor sya yamaha mio smile th 2011.
    Permslahannya, kalo mesin dingin susah idup nya aplagi kalo bok filter ga di copot. Kalo dicopot bru gampang nyala, trus suara mesin menggelitik pd saat berjalan. Trs kalo mtor lg dibawa kenceng suka ngedropp gtu aja (tiba tiba mati). 1 lg gas nya, udah di setel angin+langsam nya, tp ga mau ngelangsam. Dugaan sya saat ini mslah ada pda karbu, tpi krna sya kurg paham betul sma motor matic jd blum tau dibagian mana nya. Jika memang benar karbu nya yg bermsalah. Mohon pencerahannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilonggarin klep in/ex nya. Jangan terlalu rapat. Dikarenakan semakin klep rapat maka putaran mesin akan semakin berat. Jika mtrnya drop disaat putaran atas, masalah ada pada filter udara nya gan. Coba jangan dipasang filter udara,agar karbunya bisa ngisep udara agak banyak dan ga sesak.

      Hapus
  17. Gan, motr mio sy kmren ganti plstuk klep, pi smpe skrng g hidup2, pdhal pngapian pd busi bagus, ttp ja g mau hidup, tu dr panya y gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kendala mtr mio sering trjadi pengganjalan klep, ataw ada yg mengganjal diklep berupa kotoran/kerak dr pembakaran bensin. Sehingga mtr akan terjadi hikang kompresi. Cara tes kompresi buka lubang busi kemudian tekan lubang busi nya sampai kuat kemudian coba kick stater alias digoglek(minta bantuan temen). Jika tembakan kompresi lemah tidak mndorong maka itu klep bocor. Jln keluarnya harus di skir agar klep rata disaat merapat dn kompresi jd kuat kmbali.

      Hapus
  18. Gan, motr mio sy kmren ganti plstuk klep, pi smpe skrng g hidup2, pdhal pngapian pd busi bagus, ttp ja g mau hidup, tu dr panya y gan ?

    BalasHapus
  19. Motor mio ane gan kenapa kbur terus gas nya . Meskipun ane udah bersihin karbu tsb tetep aje bawaan nya kabur terus gas nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendala gas karbu susah turun alias gas nya kabur, itu masih jd PR gan.. Jln satu2 nya ganti karbu baru yg orisinil.

      Hapus
  20. Gan,kalok vakum nya di pasang kok motor kagak bisa hidup ya? Tapi kalok di lepas hidup. Kira" apa nya ya gan? Mio.
    Please fast respon!

    BalasHapus
  21. malam gan motor mio sporty sy kalau digas malah mati tp kalau ditutup carburatornya malah bisa hidup kira kira apanya mohon masukannya terima kasih sebelumnya atas bantuannya

    BalasHapus
  22. Bos kalaw bensin mengalir terus menerus dari pembuangan karbo itu penyebabnya apa ya.????

    BalasHapus
  23. Gan,mau nanya nih.motor sy mio sporty.pakai kampas ganda mtr beat,per cvt 1500 rpm,tali pambel pakai TDR tp kok speednya mentok 90 km/jam ya?

    BalasHapus
  24. Yang bosen pake mio, sering kesel dg tunggangan anda. Trobel/mogok trus, ane siap ngebeli alias beli itupun klo ada yg mau ngejual
    yg pnting lengkp suratnya. Motor blangsak/matot, ngasep, ngelitik dan anda niat ganti motor baru hubungi saya. Di 082281939725 , semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  25. Mas saya mau nanyak. udah ganti semua isi karbulator mio saya , saat saya hidup pin hidup tapi saat di gas mati. Pake karbulator kawan bisa hidup dan bisa digas. Apa saya harus ganti karbulator mas. tolong di jawab.

    BalasHapus
  26. Bang.. Mw nanya nhe,, mtor mio sporty sya gasx gak mw full dan gak brtenaga pdhal udah gnti smwa mesin dlamx trmasuk spul..

    BalasHapus
  27. assalamu'alaykum gan.
    motor ane tarikannya enak..tapi pas di rpm tinggi..tiba2 motor ngdrop/di gas ga mau jalan kaya kehabisan bensin.pas rpm turun digas jalan lg.
    mohon solusinya...

    BalasHapus
  28. assalamu'alaykum gan.
    motor mio ane tarikannya enak..tapi pas di rpm tinggi..tiba2 motor ngdrop/di gas ga mau jalan kaya kehabisan bensin.pas rpm turun digas jalan lg.
    mohon solusinya...

    BalasHapus
  29. assalamu'alaykum gan.
    motor mio ane tarikannya enak..tapi pas di rpm tinggi..tiba2 motor ngdrop/di gas ga mau jalan kaya kehabisan bensin.pas rpm turun digas jalan lg.
    mohon solusinya...

    BalasHapus
  30. assalamu'alaykum gan.
    motor ane tarikannya enak..tapi pas di rpm tinggi..tiba2 motor ngdrop/di gas ga mau jalan kaya kehabisan bensin.pas rpm turun digas jalan lg.
    mohon solusinya...

    BalasHapus
  31. Gan...kalo bensinya gak nyimpan d karbu mio saya itu masalh nya apa...tlong bantuan nya

    BalasHapus
  32. Gan...kalo bensinya gak nyimpan d karbu mio saya itu masalh nya apa...tlong bantuan nya

    BalasHapus
  33. mlm gan motor mio 2010 sya lajunya trsndat sndat trus mati
    trus d kick stater hidup normal lg d gas full pun g mati,tpi saat d turunin dri stndr 2 motor mati, trus d kick stater lg hdup d turunin dri stndr 2 mati lgi trus sprti itu ..
    mohon pencerahhannya gan

    BalasHapus
  34. Gan klo mio soul ngejim masih bisa d engkol ga

    BalasHapus
  35. Mas mio saya mogok yg sya pkai karbu gak ori.
    Trus dipasang karbu ori motor gampang hidupnya ..trus bgian mna msalahnya motor mio nya

    BalasHapus
  36. Misii gan. Tanya dong. Kenapa mios oul saya ketika dilepas saring hawanya larinya bisa digas tinggi. tapi ketika dipasang saring hawa malah tersendat2 apa bila digas tinggi seperti kehabisan bensin mohon bantuannya gan. Pusing sampai sekarang belum ketemu obatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saringan nya tersumbat klai gan,ganti saringan baru. Aj dl

      Hapus
  37. Misi mas mw nanya motor mio soul 2010q mas, klo saringan udara ane pasang, ko mesin gak mw nyala ya,,, tp klo sebaliknya mesin nyala..

    BalasHapus
  38. Misi mas mw nanya motor mio soul 2010q mas, klo saringan udara ane pasang, ko mesin gak mw nyala ya,,, tp klo sebaliknya mesin nyala..

    BalasHapus
  39. Mio saya punya maslah gan,hidup gampang klo digas tinggi megap kaya kurang bensin. Klopagi gk mau digas sebelum mesin agak panas dikit.mohon solusinya gan maksih..

    BalasHapus
  40. Gan kenapa motr mio sya suka susah hidup kalau pagi". Sampai ke bengkel 3x tetep aja susah hidup..

    BalasHapus
  41. Motor mio sporty saya...kalo di gas lama respon..bahkan di tanjakan bisa berenti gara" di gas lama naik malah berenti...

    BalasHapus
  42. Gan motor mio soul saya gak ada tenaganya,di gas suka ngembos gitu. Kadang juga ditengah perjalanan saya gas untuk menambah kecepatan suka ngegeter gitu gan. Itu dari apanya ya?
    Kalo kata bengkel yg pernah saya kunjungi harus ganti karburatornya. Mohon pencerahannya :)
    Bisa sms saya 08993222893
    Nanti saya Kasih pulsa hehe

    BalasHapus
  43. Kalau Mio sporty saya di gas senday senday dan keluar asap hitam klw di gas besar

    BalasHapus
  44. KK kalo karburator error bisa di service apa memang harus ganti karburator? soalnya motor ku kalo udah jalan untuk kembali ke gas normal agak lama

    BalasHapus
  45. Maaf bos mau tanya, ane punya Mio sporty, motor di pakein filter ga bisa nyala tapi lepas filter lancar, pdhl filter udah saya ganti?? Knapa ya bos?

    BalasHapus
  46. Setelah menukar karbu. memakai karbu baru hasilnya sama. Kemudian klep minyak juga saya tukar. Hasilnya sama. Apakah ada perihal lain yg dapat mengatasi permasalahan ini

    BalasHapus
  47. Bang penting ga si ganti karbu, trus keadaan apa aja si yg diharuskan ganti karburator.

    Mohon bagi ilmunya motor ane sering mati mendadak trus distarter ga idup klo didiemin lama baru idup pas distarter

    BalasHapus