12 Des 2011

Masalah Karbu Yamaha Mio


Karburator Yamaha Mio
Sepeda motor mioku mengalami masalah pada performa mesinya. Gejala-gejala yang sering muncul yaitu ketika digunakan naik tidak kuat, dan pada keadaan tertentu tiba-tiba mesin drop, bahkan ketika putaran rendah digas besar bisa mati total. Terkadang mesin pada putaran tinggi tiba-tiba seperti kekurangan bensin. Tapi kadang pada putaran putaran tertentu seperti normal tapi dengan segera cepat kembali bermasalah seperti semula seperti bensin tidak ngisi ke karbu.


Analisa.
Dari gejala-gejalanya bisa di duga masalahnya di pasokan bensin. Tapi semua itu harus dibuktikan. Hal termudah kita cek kondisi busi. Dari hasil bacaan hasil pembakaran dibusi terlihat bahwa masalahnya bukan pada campuran bensinya. Namun pasokannya yang kurang lancar.

Ada beberapa komponen yang perlu dicek pada kondisi seperti ini :
  1. Klep vakum bensin (perlu diketahui bahwa mio menggunakan klep vakum) jika bermasalah akan menyebabkan masalah semisal berdasarkan pengalaman
  2. Jarum pelampung bensi juga bisa dicurigai
  3. Membran skep vakum karbu
  4. Spuyer karburator yang sering kotor
  5. Dan berbagai kemungkinan yang lain
Membran Skep Vacum Karburator
Hmm langsung saja sebenarnya ini analisa yang membutuhkan dana, tapi anda bisa langsung mengetahuinya langsung saja ilmu saya bagikan.

Sebelum saya menemukan masalah saya lakukan beberapa treatment :
  1. Saya lakukan penyetelan awal di 4 lokasi diatas tapi hasilnya gak ada perubahan.
  2. Mengganti klep vakum bensin yang memang sudah mulai rusak (seperti yang saya katakan tadi memungkinkan sebegai penyababnya). Namun hasilnya masih nihil.
  3. Akhirnya dengan insting dan pengalaman yang saya miliki, kecurigaan mengarah kepada membran skep vakum karbu. Dan langsung saya ganti dengan komponen orisinal  dan dicoba ternyata masalah tersebut hilang semua tuntas.

13 komentar:

  1. gan..kira2 harga vakum karbu 1 set skalian jarumnya berapa y???

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga membran vacum Rp 130.000, jarum skep Rp 25.000

      Hapus
    2. Mending beli karbu rx king.tokcer
      Paling pego

      Hapus
  2. Gan motor mio soul saya udah bolak balik bengkel, sampai yam4ha resmi juga udah, katanya tutup tangki nya, tapi ampe g ditutup tuh tangki tetep aja mati, tapi masalahanya motor mati ketika ada yang bonceng, jadi tersendat sendat lalu mati, itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke.gw dapetin masalah itu waktu costumer dtg kebengkel gw gan.
      Ternyata pasokan bahan bakar ga sampe ke karbu lantaran selang vakumnya copot.dan ada kemungkinan kenapa selang itu bisa lepas dari dudukannya jg lantaran selang tersebut pernah dipotong tanpa atau mungkin diketahui siempunya.krn getas sih biasanya..
      Dan kalau sudah pernah dipotong pastinya selang tsbt jadi pendek gan.... dan dengan gerakan suspensi belakang yg selalu naik turun itu membuat selang lelah dan akhirnya copot.
      Semoga bermanfaat ya...

      Hapus
  3. sama penyakitnya ma mio soul ane tersendat2 tapi gak sampe mati

    BalasHapus
  4. pe lge gw....tips nh pas bngt tuk karbu mio soul gw skrg!

    BalasHapus
  5. klo mio gw sering mati klo mesin masih dingin,,walaupun setelan gasnya udh d'gedein...kya g ad napasnya..tp klo udh panas lansam biasaa.....knp ya?
    udh bolak balik bengkel tetep aj g bsa

    BalasHapus
  6. gan mio gw bermasalah ,,,kalo di gas gede gak mau lari tpi mlah tersendat-sendat..kira -kira settingan apa'nye gan....

    BalasHapus
  7. gan kalo mio ane pas pertamanya normal
    pas udh agak lama dipake jalan langsamnya jadi gede gan
    g mau balik lagi k normal
    kira2 knpa tuh gan
    mohon pencerahan dari agan

    BalasHapus
  8. gan mau tanya, karburator saya bermasalah dan harus di ganti karna karet karbu pecah dan jadi kerak sehingga menyebabkan bensin sangat boros sekali dan terinfo oleh bengkel mau tidak mau harus ganti karbu karna keterbatasan dana, apakah bila memakai karbu non orisinil seperti keihin tidak masalah dan apakah akan tetap boros juga? mohon sekali informasinya berikut no saya di 081316611744

    BalasHapus
  9. Gan, ane punya motor mio smile, tapi ngk kuat diajak ngebut, kecepatan rata2 nya cuma sampai 60 KM
    Yg bermasalah karbunya atau mesin nya ya gan, mohon infonya kirim ke email sya,
    Riko.caniago@gmail.com

    BalasHapus
  10. gan, mio soul saya kok tenaganya berkurang dan gas lambat turun, mohon solusinya. ke email saya
    abigaoh@yahoo.co.id

    BalasHapus