4 Des 2011

ARTI DAN FUNGSI SPUYER KARBURATOR

JEROAN karburator paling sering disebut spuyer, pilot-jet dan main-jet. Padahal, masih banyak spuyer yang lain. Kedua spuyer ini masih dibantu komponen yang lain. Tentu, belum banyak yang tahu tugas masing-masing. Makanya, mari diurut fungsi utama komponen itu.


Air Screw
Sekrup udara (air screw), tugasnya mengatur suplai udara dari lubang kecil di moncong karburator ke pilot-jet. Karena itu, salurannya lansung menuju ke rumah pilot-jet. Artinya, udara ini natinya akan membantu bahan bakar dikabutkan pilot-jet. Dia termasuk pemancing utama mesin menyala. Setelan skrup udara mesti diset presisi. Contohnya, mesin 4-tak yang lebih irit, setelan sekrup udaranya 1,5 putaran. Sedangkan 2_tak agak boros, umumnya menganut 2,5 putaran. Makin boros bahan bakar, bukaan setelan udara mesti lebih besar.


Pilot-Jet
Setelah menerima hawa dari sekrup udara, pilot-jet beraksi mengabutkan bensin sejak mesin dinyalakan. Sesuai dengan namanya, kata pilot sama dengan pilot pesawat terbang. Sedangkan kata jet, berarti sebagai penyemprot atau penyembur. Kesimpulannya, pilot-jet sebagai pengemudi awal semprotan bahan bakar dan bekerja pada putaran rendah. Ukuran tinggi pilot-jet semua 50. Sedang rata-rata ukuran pilot-jet pada motor standar 17,5 sampai 25.

Main-Jet
Setelah melewati 5000-6000 rpm, pilot-jet akan dibantu main-jet. Soalnya, suplai dari pilot-jet tidak mencukupi konsumsi putaran tinggi. Banyak orang berprasangka, diatas 5000 rpm hanya main-jet yang bekerja. Padahal, pilot-jet dan main-jet bekerja bahu membahu. Maknya, main-jet tidak mengandalkan udara dari sekrup setelan udara. Dia langsung memanfaatkan udara lansung (by-pass) dari boks saringan-udara.

Needle Jet
Ini nama keren dari jarum skep. Jarum terpasang di slongsong skep (katup gas). Keduanya saling mendukung. Tugas jarum skep, membuka dan menutup saluran isap yang disemprotkan pilot-jet dan main-jet. Kalau grip gas diputar, kabel gas akan mengangkat selongsong skep dan jarumbya. Saat itu, jarum akan membuka lubang semprot liang isap secara bertahap. Makanya, ujung jarum skep dibikin seperti jarum jahit, gede di pangkal dan mengecil di ujung. Dengan begitu, dia sensitif mengatur debit bahan bakar.

Bukaan jarum skep menentukan besar kecilnya putaran mesin. Jika jarum skep terangkat maksimal alias gas diputar habis,lubang yang disumbat jarum pun terbuka penuh. Seingga bahan bakar menerobos bebas. Akibat suplai gede, ledakan di ruang silinder ikut memperbesar dan putaran mesin pun makin cepat.

Sedangkan katup gas, menutup dan membuka venturi. Tugas utamanya menghalau aliran udara agar tidah berlebihan masuk ke ruang bakar.

Jarum Pelampung
Sebenarnya, jaru pelampung (Valve needle) dan pelampung sebagai standar utama takaran bahan bakar di mangkuk karburator. Begitu mangkuk penuh, pelampung langsung terangkat dan mendorong jarum menyumbat bahan bakar dari tangki bensin. Cara kerjanya mirip bola pelampung di bak penampung air siraman WC model duduk. Begitu bak penuh, suplai air pun berhenti karena tuasnya terangkat akibat bolanya mengambang.

Ada kalanya rumah jarum skep kotor atau ujung jarumnya aus. Akibatnya bensin ngocor terus. Sampai melebihi kapasitas mangkuk dan keluar lewat lubang pembuangan. Kita pun berteriak, wah, karburatornya banjir. 

6 komentar:

  1. gan kalau needle jet itu bushing jarum skep, sedangkan jarum skep sendiri itu jet needle

    BalasHapus
  2. gan, bukannya kalo motor irit setelan anginnya itu di besarin, jadi perbandingan udara dan bensin lebih besar udara. begitu sebaliknya dengan motor yang boros

    BalasHapus
  3. Bos saya punya suzuki smash th 2005, klo cuma di ganti karburator nya saja bisa gak??

    BalasHapus
  4. Bang mau nanya ni bang.
    Beli karbu baru di onderdil motor ap sudah terseting atau perlu di seting kembali bosss??

    BalasHapus