8 Feb 2012

Gosip & Fakta : RANTAI KENDUR HAUS BBM


Sering kali motormania mengabaikan kekencangan rantai roda. Padahal, kalo lama dibiarkan malah akan bikin umur pakai rantai jadi pendek atau bisa juga malah membuat baret swing arm. " Lebih parahnya lagi, bisa menyusahkan. Dikarenakan kendur, rantai bisa lolos dari gir belakang. Repot deh," ujar seorang mekanik bengkel umum di Meruya, Jakbar.

Selain itu, diklaim bahwa dengan membiarkan rantai motor dalam keadaan kendor, bisa bikin tuh motor minum bensinnya lebih banyak. Tentu saja kalau hal itu dibandingkan dengan motor yang kekencangan rantainya terjaga. Nah seperti biasa, kalau hanya omongan saja tanpa bukti sudah tentu keabsahannya masih perlu dipertanyakan. Biar gak terus-terusan tanya fenomena rantai kendur bikin boros itu gosip atau fakta, maka sekarang dilakukan pembuktian nih.


Metodenya, pemakaian langsung di jalan. Di mana Suzuki thunder 125 yang setingan rantainya bikin kendur, dipakai jalan sejauh 20 km dengan pengendara berbobot 75 kg. Untuk kecepatannya dipatok gak lebih dari 50 km/jam. Sementara untuk mengukur pemakaian bensin selama perjalanan, digunakan alat infus yang diisi bensin sebanyak 500 ml.

Dari hasil tes, pemakaian bensin pada Thunder yang rantainya kendur sebanyak 485 ml. Dengan perhitungan sederhana, didapat 1 liter bensin bisa dipakai sejauh 41,24 km. Lalu pengetesan dengan kondisi rantai sudah disesuaikan standar kekencangannya. Sisa bensin ditabung infus setelah dituang dalam gelas ukur adalah sebanyak 30 ml (terpakai 470 ml). Dari situ bisa dipakai sampai 42,55 km dan baru mogok.

Dengan selisih yang 1,31 ml, faktanya adalah benar adanya bila rantai kendur bisa bikin boros.

10 komentar:

  1. sangat setuju dengan hasil analisis singkt yg dlakukan,krena fakta ny memang sperti itu, logika ny jika kekecangan rantai tidk sesuai, maka akan mnyebabkan tarikan mesin jdi berat shingga konsumsi BBM akan brtambah,, hal ini sebnr ny dpat dbuktikan sndiri dngan keadaan setiap hri, bnayk yg mengeluh BBm jdi boros, trnyta salh stu pnyebabnya adlah rantai yg kendor. bhkan beberpa mekanik bengkel jga berpendapat sperti itu, kekencangan rantai akan berpengaruh pda jumlah konsumsi BBM motor.

    BalasHapus
  2. Wah ane baru tau gan, terima kasih atas info nya, motor saya selalu kendor rantai nya

    BalasHapus
  3. banyak gesekan dan loss power
    nice info

    BalasHapus
  4. baru saya tau klo rantai kendor bisa bikin boros BBM.. makasih wejangannya mas... sangat informatif..

    BalasHapus
  5. keren percobaanya, good share

    BalasHapus
  6. perawatan itu juga sangat penting. agar tetap terjaga kualitas gir motor. makasih infonya ya gan.. jangan lupa kunbalnya.. :D

    BalasHapus
  7. Keren info blognya gan..artikel nya sg baik bermutu
    Informasi iklan resmi & aman pinjaman uang jaminan BPKB MOTOR ,
    KHUSUS JAKARTA TIMUR, BEKASI, DEPOK, CILEUNGSI, CIMANGGIS DAN SEKITAR
    pinjaman uang bpkb motor l resmi
    pinjaman uang jaminan bpkb mobil aman (khusus mobil jabodetabek )
    cari pinjaman jaminan bpkb motor / bpkb mobil
    khusus motor hanya melayani jakarta timur, depok, bekasi, cileungsi, pondok gede
    info 021.95000.337, 021.95000.650 RICO ARIA ROBEN
    link :
    gadai bpkb motor resmi
    pinjaman uang jaminan bpkb motor
    http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/04/pinjaman-uang-bpkb-mobil-motor.html

    BalasHapus
  8. Pinjaman uang jaminan BPKB MOTOR jakarta timur, depok, bekasi, cileungsi, cimanggis sekitar...buka web di : http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/04/pinjaman-uang-bpkb-mobil-motor.html

    BalasHapus
  9. PINJAMAN UANG JAMINAN BPKB MOTOR DIMARI AJA GAN...PASTI BERES SEBAB KAMI LEASING RESMI..MOTOR TAHUN 2006 KEATAS..NILAI PINJAMAN 67 % DARI HARGA JUAL..COBA AJUKAN DISINI SOBAT. TRIMS

    BalasHapus