Bagi Force-1 mania, jangan buru-buru buang silinder bekas bila piston telah mencpai oversize penghabisan (1,00). Sebab agan-agan bisa meniru langkah cerdik mekanik balap. Caranya, tentu saja mengakali lewat pembesaran silinder dan kawin silang piston.
Asyiknya, umur blok bisa panjang hingga enam kali oversize lagi. Selain bisa irit uang untuk beli blok silinder, lari motor bagaikan pelor (kencang).
CELAH BESAR
Soal irit-iritan, mari simak hitungan mekanik dari Surabaya ini. Misalnya silinder sudah oversize 1,00. Lalu, aus dan besuara berisik. Itu tandanya rumah silinder (boring) minta dikorter lagi. Sayangnya, pabrikan tak menjual seher besar. Misalnya yang berukuran 1,25 ke atas.
Otomatis mesti beli blok standar baru, yang harganya tentu mahal. Itu belum termasuk piston dan ringnya, lo! Namun, sebenarnya ada cara untuk menghemat. Blok tadi bisa dijejali piston motor lain. Jadi, sekali lagi : jangan dibuang dulu blok itu.
Pertama, pakai saja piston Yamaha RX-S. Hitung-hitung cuma beli piston set! Memang, pemukul kompresi saudara kandung ini lebih besar. Standarnya 54 mm. Bila dibandingkan piston Force-1, oversize 1,00, seher standar RX-S lebih besar 1 mm. Oya, saat mengkorter boring, celahnya agak di perbesar guna mencegah piston ceket (macet).
Kalau celah piston silinder standarnya 0,03, minta ke tukang bubut agar dibikin 0,05. Sebelum blok silinder dipasang, paking bagian bawah kudu ditambah 4 lembar atau setebal 3 mm. Sebab pakai piston RX-S bikin bibir atas piston nongol ke luar blok. Kalau enggak diganjal, pukulan piston bakal menghantam kepala silinder. Pin piston tak perlu diubah karena ukuran dan posisinya sama dengan asli Force-1. Nah bila nanti silindernya aus lagi, Anda bisa lanjut memasang piston RX-S oversize 0,25 hingga 1,00.
Habis? Belum! Masih bisa dijejal piston RX-Z (56 mm). Tetapi, ada sedikit yang kudu disesuaikan. Pin Force-1 dikombinasi pin RX-Z. Cukup di bagian kuping atau ujungnya. Sebab panjang pin piston Force-1 agak pendek dibandingkan RX-Z. Oya, pemakainan piston RX-Z cuma mentok di oversize 50. Selanjutnya, blok tak bisa dipakai karena dindingnya terlalu tipis. Soal kencang, tinggal setting knalpot dan karbu, motor dijamin melejit. Apalagi kapasitas ruang bakar melonjak drastis.
Contohnya, pakai piston RX-Z, isi silindernya naik menjadi 130 cc. Wuss...wuss..wuss..!
Otomatis mesti beli blok standar baru, yang harganya tentu mahal. Itu belum termasuk piston dan ringnya, lo! Namun, sebenarnya ada cara untuk menghemat. Blok tadi bisa dijejali piston motor lain. Jadi, sekali lagi : jangan dibuang dulu blok itu.
Pertama, pakai saja piston Yamaha RX-S. Hitung-hitung cuma beli piston set! Memang, pemukul kompresi saudara kandung ini lebih besar. Standarnya 54 mm. Bila dibandingkan piston Force-1, oversize 1,00, seher standar RX-S lebih besar 1 mm. Oya, saat mengkorter boring, celahnya agak di perbesar guna mencegah piston ceket (macet).
Piston RX-S (kiri) dan Piston Force-1 (kanan) |
Kombinasi pin |
Contohnya, pakai piston RX-Z, isi silindernya naik menjadi 130 cc. Wuss...wuss..wuss..!
waw mantap
BalasHapusKok fiz r ane ud pke rx- s os 100,mw tak kolter lg kata tukang bubut ny gak bisa lg karna ud tipis,minta saran ny
BalasHapusGanti liner om, itu fiz r saya nyampai rx king os 150, entar dikrekesnya juga mbubut
HapusJelaslah, rx-s os 100 Uϑ䪪 hbis. Pake [y̲̅α̲̅n̲̅g̲̅] os 50 punya rx-s aj Uϑ䪪 tipis...
BalasHapusMas numpang nnya kalau f1zr pakai seher 100 rxs resiko nya apa kalau untk di pakai harian
BalasHapuscepet panas mesinya, jecuali air cooled nya masih terpasang.
HapusKolter buring diameter 54 sampai berapa ya lurr
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusemng tadinya oz berapa? kalo langsung di korter 54mm ya sayang buring nya, kecuali pistonnya udah mentok oz nya, force 1 mentok di oz 100
HapusKolter buring diameter 54 sampai berapa ya lurr
BalasHapusFiz r bisa pakai piston rxs tp harus potong bagian bawah piston di samain dg piston fiz
BalasHapusbetul sekali, kalo nggak ntar mentok kruk as.
HapusUntuk bahan bakar jadi lebih boros gk om?
HapusMasukkan komentar Anda...klo rx king os 125 klo mau naik 150 hrs kolter ta om
BalasHapusya iya dong om
HapusPunya fiz r pakek piston rxz os 125....klw gigi 1 nanjab..tpi 234 kok ngempus ya mas..haruss ganti apa lgi ya mas
HapusMau tanya om kalau mau buring fizr pake seher rx z os 50 kalau di ganti seher fizr jadi os berapa ya , mohon bantuannya trimakasih
BalasHapuskalo bekas seher rxz os 50 kalo di balikin ke seher force 1 udah habis oz nya om, tapi bisa di overboss/ganti liner, baru bisa ke oz 0 lagi.
HapusMau tanya om saya pake seher rxs os 50 tapi saya mau pake seher standar f1zr lagi nih bisa ga? Klu bisa pake ukuran seher f1zr standar nya ukuran berapa?
BalasHapusKalo piston std fizr diameter ny 52 lord
Hapusudah habis om kalo dibalikin, kecuali overboss/ ganti liner, baru bisa oz dari 0
BalasHapusOm saya sudah bli piston rxs opersis 75 jadi blok fiz r harus di lemer opersis brpa????
BalasHapusmau tannya om kalau piston f1zr sdh 175 kalau mau pasang rxs itu pakai ukuran berapa ya
BalasHapusNaikan os ke 200 mas.sama tu kya pnya ku
HapusTapi suara gak bisa halus lagi
Om lubang in n ex ny d ubah lg g klw pke sehr rxs os 200
Hapuskalo piston rx s OS 0(nol) mau ganti piston fizr jd OS brapa lur?
BalasHapusBosss motor sya fiz r OS 75 rx spesial msih bisa naik ngga bos? Mohon jawabanbya
BalasHapusAq pakai piston rxs mas bro?.habis itu ku ukur panjang Dari lubang as piston nya?. Lalu ku potong ku rapikan?. Tarikan nya jozzz... 3 hari makai piston nya patah bekas ku potong?.apakah piston nya perlu di papas? Lagi atau di potong mas bro?.terima kasij
BalasHapusFis r ku thn 2001 gara2 piston kena jadi naik dari os 175 ke os 200
BalasHapuspasang stang piston rx king ke fiz r biasa gak
BalasHapusLur ko fizr ane udh os 200 pake seher fizr kalo di ganti pake rx s harus pake os berp ya mohon pencerahanya
BalasHapusOm kalau pakek stang seher rx s trus dikasih piston rx z itu bisa gak ya
BalasHapusKalo fiz r os 50 mau pake ras harus os berapa om
BalasHapusKalo fiz r os 50 mau pake rx s harus pakai berapa
BalasHapusForce 1 di os 225 pakek piston rxs bisa ngk kakak?
BalasHapusBgini bos q.ini ada motor rx spesial setelah di korter sy pasang,blum lama di hidupkan,mati lgi trus sy bongkar kok ring nya patah lgi ya,padahal susunan ring nya udah betul.
BalasHapusmau tanya lur kalau fiz r pake piston rxs 25 itu harus ganti liner kah om mohon bantuan.y
BalasHapusMau nanya om?? Ada ngak piston fizr 275??
BalasHapusKalo piston fizr rata² sampai oversize 200 om, kalo 275 sama aja pake rxs OS 175
HapusAman gk gan kira kira kalo piston rx s di atas 100 di pasang di f1zr blok y1?
HapusMesin fizr saya udah pakai seher rx spesial os100 namun skrg lg macet harus ganti pakai seher apa gan?
BalasHapusNaik ke rxs OS 125 mas
HapusApakah bisa mas rx special pakai piston rxz?
BalasHapusBoring RX special OS 200 sama dengan RXZ Std (oversize 0) om, jadi kalau mau pake piston rxz ya dikorter dulu
HapusOm saya mau os fiz r saya 150 itu mesti pakai piston apa om
BalasHapusMau nayak om kalo fiz r pakek piston rxs avorsize 125 boring tipis ngak dan apakah enak untuk balap lurus
BalasHapusOm kalau fiz r saya pakai piston rx king std bisa nggk om? Awalnya piston nya force one os 100 , kalau diganti ke piston rx king std bisa nggk om?
BalasHapusJadi lebih boros kah?
Om mau nanya,saya rencana ganti piston rx king std ke fiz r saya bisa nggk om? Awalnya piston nya force one os 100 , saya rencana mau ganti ke RX king std bisa nggk om?
BalasHapusNumpang tanya gan, fizr OS 100 spesial bisa d corter LG g gan,
BalasHapusFizr saya piston RXs os 200 mau naik lgi ke os 225 apakah aman gak di buring fizr pakai os 225 rxs
BalasHapusOm F1ZR ganti seher RXS tambah paling di blok berapa ya.. Mohon arahan
BalasHapuskalo ukuran seher rxs std bearti hars ngolter di os berapa ya?
BalasHapusMau tanya mas, kalo seher fiz os 50, mau ganti seher rxs, seher rxs nya os berapa mas?
BalasHapus