22 Des 2011

TRIK PASANG PELAT KOPLING, CEGAH CEPAT AUS


Kampas kopling cepat aus bukan cuma dari kualitas oli atau pemakaian kasar, yang lebih penting saat melakukan posisi pasang pelat terhadap kampas.  Jika terjadi kesalahan biasanya permukaan kampas akan cepat terkikis dan berpengaruh ke tenaga. Hal ini disebabkan bentuk lingkar luar pelat kopling berbeda, hingga beresiko menggerus kampas saat kopling bekerja.

18 Des 2011

ARTI RAGAM KODE DI DINDING BAN

Pabrikan ban Michelin yang kini serius main di pasar Indonesia, bukan cuma jualan. Tapi, juga memberikan edukasi kepada para pengguna ban. Jelas Ferry Laksana, Marketing Manager PT Michelindo Mitra Abadi, importir dan distributor tunggal ban Michelin intuk Indonesia.

Menurut Ferry, terdapat beberapa point penting yang langsung bisa diliahat di ban Michelin. Juga bisa di mengerti orang awam yang bisa dijadikan pelajaran. Beberapa kode umumnya sama dengan kode merek ban lain. Apa saja tuh?


PROBLEM KLASIK HYPERUNDERBONE SUZUKI SATRIA F150

Suzuki Satria F150 bukan cuma sporty dan kencang, tapi juga tangguh di segala medan. Mesti terkenal tangguh  , kadang muncul masalah klasik yang kerap dialami bebek hyperunderbone ini. Seperti muncul gejala mbrebet saat akselerasi, mesin susah hidup kalau habis  terkena air atau muncul suara berisik di mesin bagian atas. 


Jangan khawatir, semua ada solusinya. Semisal mbrebet di rpm rendah pas lagi macet dan mesin telat merespon bukaan gas. Biasanya gejala disebabkan oleh pengapian dan setingan karburator. "Kalau dari pengapian mungkin elektroda busi sudah lemah. Sedang dari karburator, bisa jadi ada kebocoran pada intake atau karet vakum. Kalau di karet vakum, bensin jadi telat masuk dan susah langsam selain timbul gejala mbrebet."

17 Des 2011

OBATI INDIKATOR BENSIN NGACO, BIAR GAK TERTIPU!

Problem yang terjadi pada indikator bensin terkadang sulit dideteksi. Bisa diawali gejala ngaco atau tiba-tiba jarum penunjuk tak berfungsi. Padahal saat awal motor dinyalakan, jarum indikator bensin masih menunjukkan di tanda F (Full). Ngak lama jalan, motor mogok karena kehabisan bensin. Tertipu deh...huhu.

Indikator Pelampung Bahan Bakar

JANGAN SEMBARANG GANTI SPUYER DI MOTOR 4-TAK

Banyak yang latah, motor 4-tak disamakan dengan motor 2-tak Seperti motor standar banyak yang gonta-ganti spuyer. Misalnya diganti lebih besar supaya tenaganya melonjak. Padahal, motor 4-tak sudah dilengkapi klep. Suplai gas bakar diatur oleh klep isap dan klep buang. Jadi ukuran sepuyer cenderung konstan.


Kalau motor standar ganti spuyer dengan ukuran lebih besar, malah kerap ngedrop tenaganya. Karena suplai bensin lebih banyak dari pada udara. Akibat bensin yang terlalu kaya, sehingga menyebabkan proeses pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini tentunya berakibat pada turunnya tenaga yang dihasilkan.

Termasuk motor standar yang diganti dengan knalpot racing. Tidak serta merta spuyer pada karburator harus diganti dengan ukuran spuyer yang lebih besar. Untuk mengeceknya harus memperhatikan kepala busi hasil pembakaran. 

Jika warna elektroda busi coklat bata dan ada sedikit kerak warna hitam, itu tandanya tidak perlu dilakukan penggantian spuyer. Tapi jika warna elektroda busi putih, itu tandanya ukuran spuyer harus naik.

SUBTITUSI KAMPAS REM SUPRA X 125 BUAT SATRIA F150, GAK ADA BEDANYA

Ternyata kanvas rem belakang Supra X125 model cakram sama dengan Suzuki Satria F150. Seperti pengalaman Rio Purnomo, warga Joglo, Jakarta Barat. Dia pasang punya Supra X125 di bebek Hyperunderbone itu.

Bentuk, ukuran dan bahan sama

TOOL-KIT WAJIB DI MUSIM HUJAN

Memasuki musim hujan seperti sekarang, bisanya banyak genangan air akan menutupi jalan di beberapa wilayah kota maupun desa di Tanah Air. Bukan hanya itu, kadang waktu dan tempat juga sulit ditebak. Bisa pagi, siang, sore atau malam. Sehingga pengendara jadi lebih siap ketika disambut guyuran air dari langit.


13 Des 2011

YAMAHA VIXION: SENSOR TEMPERATUR VIXION BERMASALAH

Novandany Dwiantoro warga Jurang Mangun Timur, Tangerang ngeluh soal munculnya kedipan pada indikator engine check di Yamaha V-Ixion 2007-nya. Padahal motor jarang dipakai dan jarak tempuh masih sedikit. "Kediapannya 2 kali agak lambat dan 1 cepat. Menurut tabel engine check, kedipan ini (21) mengarah pada malfungsi sensor suhu. Apa benar? tanyanya pada OTOMOTIF via email. Lalu yang membingungkan Novan, mesin Vixie kesayangannya masih bisa dihidupkan.

Hanya saja saat dingin, agak sulit dinyalakan. Saat jalan pun tenaga seperti ngempos atau kehilangan power saat akselerasi mendadak. Anehnya, kendala itu kadang terjadi kadang normal. Tetapi setelah motor sudah jalan jauh dan mesin mulai panas, kejadian serupa di atas muncul lagi. Mungkinkah sensor suhu itu bisa dipakai dengan cukup dibersihkan? Bila harus ganti berapa harganya?

12 Des 2011

CVT YAMAHA MIO

Yamaha MIO mengalami masalah waktu digunakan untuk jalan pada tarikan awal timbul suara cit..cit..cit dan ditambah tenaganya jadi ngedrop, apalagi ketika ditambah beban lebih atau pada saat berboncengan tenaga motor terasa sekali ngedropnya.

Solusi
Sebenarnya masalah yang terjadi tersebut terfokus pada distribusi tenaga. Untuk Yamaha MIO menggunakan sistem CVT, apabila sistem ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan pada belt-nya akan menyebabkan masalah seperti di atas. Penting untuk dilakukan adalah setelah service ringan 2x untuk yang ketiganya perlu dicek kondisi CVT-nya, terutama diberi vaselin atau gemuk pada pulley primary dan secondary sheave-nya.

Masalah Karbu Yamaha Mio


Karburator Yamaha Mio
Sepeda motor mioku mengalami masalah pada performa mesinya. Gejala-gejala yang sering muncul yaitu ketika digunakan naik tidak kuat, dan pada keadaan tertentu tiba-tiba mesin drop, bahkan ketika putaran rendah digas besar bisa mati total. Terkadang mesin pada putaran tinggi tiba-tiba seperti kekurangan bensin. Tapi kadang pada putaran putaran tertentu seperti normal tapi dengan segera cepat kembali bermasalah seperti semula seperti bensin tidak ngisi ke karbu.

4 Des 2011

ARTI DAN FUNGSI SPUYER KARBURATOR

JEROAN karburator paling sering disebut spuyer, pilot-jet dan main-jet. Padahal, masih banyak spuyer yang lain. Kedua spuyer ini masih dibantu komponen yang lain. Tentu, belum banyak yang tahu tugas masing-masing. Makanya, mari diurut fungsi utama komponen itu.


Air Screw
Sekrup udara (air screw), tugasnya mengatur suplai udara dari lubang kecil di moncong karburator ke pilot-jet. Karena itu, salurannya lansung menuju ke rumah pilot-jet. Artinya, udara ini natinya akan membantu bahan bakar dikabutkan pilot-jet. Dia termasuk pemancing utama mesin menyala. Setelan skrup udara mesti diset presisi. Contohnya, mesin 4-tak yang lebih irit, setelan sekrup udaranya 1,5 putaran. Sedangkan 2_tak agak boros, umumnya menganut 2,5 putaran. Makin boros bahan bakar, bukaan setelan udara mesti lebih besar.