29 Okt 2011

ILMU KLIK DARI MEKANIK

 Di arena road race, khususnya di kelas bebek underbone 110 cc 2-tak, Yamaha F1Z-R sulit mengimbangi Suzuki RG Sport. Jangan langsung mengecap Yamaha keok. Mantan mekanik Yamaha Racing Indonesia memberi sedikit ilmu korek agar motor berlambang garpu tala itu bisa menang.

Yamaha F1Z-R keteter lantaran mengusung mesin yang posisinya tidur. Desain begini. jelas tidak menguntungkan dan diklaim kurang sip mendongkrak power. Begitu juga arus suplay campuran gas baru tersendat-sendat. Untuk Mengatasi kelemahan itu, ubahlah konstruksi katup buluh. Harus dibuatkan adaptor agar posisi katup buluh menghadap lubang transfer dan buang. Fokus aliran gas baru lebih tajam mengalir ke ruang bakar.

Yamaha RX-Z: GUNTING KATUP BULUH TENDANGAN BALIK BISA DIBUNUH

Lidah katup buluh racing yang dibuat dari serat karbon, di lintasan agak merepotkan. Soalnya, lidah model ini rentan terhadap panas. Yang ngotot memakainya kudu rajin memeriksa setiap tiga kali ikut balap. Jika diterapkan pada motor sehari-hari daya tahannya cukup tiga bulan, selanjutnya lidah harus diganti.

Yamaha Jupiter-Z: TAMBAH LAHER KRUK-AS AWET

Kruk-as Yamaha Jupiter-Z kerap patah bila di pakai balap. Penyebabnya, menurut seorang mekanik pentolan, diameter kruks-as kecil dan magnet berat. Jadi, kalo engine brake sedikit saja salah, siap-siap ganti poros engkol. Solusinya ? " Tambahkan laher pada ujung kruk-as magnet." Maka goyangan ekstrem kruk-as saat pengereman mesin dapat di redam sehingga tak mudah patah.

Yamaha F1Z-R: CARA SEDERHANA MENYETEL POMPA OLI

Idealnya, menurut pihak pabrikan Yamaha, 1 liter oli samping Yamaha F1Z-R habis dalam jarak 1.300 km. Jika habis sebelum jarak itu, berarti oli terlalu kaya. Sebaliknya, sudah sampai pada 1.300 km oli masih sisa banyak, berarti oli terlalu mskin. Patokan standar konsumsi oli itu sesuai dengan tingkat kerja mesin. Contohnya, pada putaran mesin normal atau stasioner, 1 liter bensin butuh campuran 20 cc oli. Sedangkan di putaran atas dan biasa diterapkan dalam balap, 40-45 cc oli.

Piston dan Silinder Yamaha Force -1: KAWAIN SILANG LARI KENCANG

    Bagi Force-1 mania, jangan buru-buru buang silinder bekas bila piston telah mencpai oversize penghabisan (1,00). Sebab agan-agan bisa meniru langkah cerdik mekanik balap. Caranya, tentu saja mengakali lewat pembesaran silinder dan kawin silang piston. 
Asyiknya, umur blok bisa panjang hingga enam kali oversize lagi. Selain bisa irit uang untuk beli blok silinder, lari motor bagaikan pelor (kencang).

Yamaha F1Z-RH: RING BARU AKSELERASI MENGGEBU

Motor 2-tak amat rentan terhadap deposit kerak. Lebih parah lagi jika kerak karbon mengisi celah ring piston. Celakanya, kerak di celah ring ini sering tak diketahui. Soalnya, mekanik atau Anda sendiri sering hanya membuka kepala silinder, sehingga yang dibersihkan hanya karbon di ruang bakar, lubang busi, dan kepala piston.

24 Okt 2011

YCLS Yamaha: OLI MENGALIR AMAN NGACIR

Demi peningkatan kinerja sistem pelumasan, Yamaha menggunakan YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System). Dengan teknologi itu, diakui tarikan motor jadi lebih responsif dan beringas. Tetapi, karena sistem penyuplai oli ke karburator diatur komputer secermat mungkin, sistem kelistrikan sebagi sumber arus menjadi sangat penting. Lain kata, akinya harus selalu dalam kondisi prima. Turunnya tegangan listrik akan membuat motor ogah ngacir.

Yamaha RX-King: RAJIN DISERVIS LARINYA TAK AKAN MIRIS

Yamaha RX-King adalah salah satu motor dua langkah yang banyak penggemarnya. Selain modelnya bagus, tarikan mesin setandarnya hebat. Tak berarti pemiliknya bisa cuek terhadap mesin. Bisa saja motor kesayangan bakal ngadat. Berikut trik-trik ringan untuk agar selalu siap tempur.

23 Okt 2011

Yamaha F1Z-R: INTAKE RACING IRIT BENSIN

Banyak anggapan, pemakaian intake manifold racing di motor harian membuat bensin menjadi boros. Katanya, komponenkompetisi hanya cocok untuk  tunggangan balap. Padahal, justru dengan memakai leher angsa kompetisi pada kendaraan sehari-hari, bahan bakar jadi lebih irit. Tarikan jadi lebih spontan.

Yamaha Scorpio: CEGAH NEMBAK SETELAH DIROMBAK

Gaya koboi di film-film, menunggang kuda sambil melepas tembakan ke udara memang terlihat gagah. Tetapi kepala bengkel motor di Jakarta Selatan ini malah malu dengan 'kuda besi' miliknya, terutama ketika engine brake mau berhenti di lampu merah. Soalnya, ia menembak bukan pakai pistol, melainkan dari knalpot Scorpio kesayangannya. Macam mana ini?

21 Okt 2011

Karburator Yamaha Nouvo: ATASI GAS NGELOS DAN BENSIN BOCOR

Tren motor sekarang, rata-rata mesinnya mengadopsi karburator Skiner Union (SU). Penyuplai bensin ini punya seabrek keistimewaan, misalnya campuran bensin dan udara lebih presisi, sehingga motor jadi minim polusi, irit, dan performanya lebih baik. Meski demikian tak bebas persoalan. Pengalaman Ediyanto dengan Yamaha Nouvo miliknya, menunjukkan: tarikan gas ngelos dan bensin bocor dari karburator. Solusi dibawah ini mudah-mudahan bisa membantu. Apalagi perawatan SU tak bisa seperti karbu jenis lain.

20 Okt 2011

Mesin Yamaha RX Z ; SALURAN BBM TERSUMBAT MESIN NGADAT

Donni Wahyudi dibuat pusing oleh Yamaha RX-Z 1995 miliknya karena tahu-tahu mati mendadak. Saat pengapian diperiksa, tidak ada masalah. Busi diganti baru untuk mendapatkan percikan api yang bagus, namun tetap saja mesin ogah hidup. Karburator pun kemudian dibersihkan, namun tetap saja mesin tak mau hidup. Anehnya, ketika choke karburator ditarik, mesin mau hidup. Saat ditutup kembali, mendadak mati lagi. Aneh..!

14 Okt 2011

Yamaha Nouvo : BENSIN MENETES TANDA KERAN TAK BERES

Banyak faktor penyebab banjirnya karburator Yamaha Nouvo. Salah satunya, menurut penjelasan salah seorang dari divisi servis PT Yamaha Motor Kencana Indonesia di Pulogadung, Jakarta Timur: berasal dari fuel cock alias keran bensin. Sistem vakumnya, katanya, tersumbat endapan kotoran.
Teknisnya, saat mesin hidup, isapan dari leher angsa akan menarik membran dalam keran dan membuka jalur bensin dari tangki ke karburator. Nah, lantaran jalurnya mampet karena tersumbat benda organik, maka bensin akan luber.