12 Des 2011

CVT YAMAHA MIO

Yamaha MIO mengalami masalah waktu digunakan untuk jalan pada tarikan awal timbul suara cit..cit..cit dan ditambah tenaganya jadi ngedrop, apalagi ketika ditambah beban lebih atau pada saat berboncengan tenaga motor terasa sekali ngedropnya.

Solusi
Sebenarnya masalah yang terjadi tersebut terfokus pada distribusi tenaga. Untuk Yamaha MIO menggunakan sistem CVT, apabila sistem ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan pada belt-nya akan menyebabkan masalah seperti di atas. Penting untuk dilakukan adalah setelah service ringan 2x untuk yang ketiganya perlu dicek kondisi CVT-nya, terutama diberi vaselin atau gemuk pada pulley primary dan secondary sheave-nya.

Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan kerusakan koponen yang perlu diganti apabila CVT telat diberi vaselin atau gemuk atau tidak dicek secara periodik. Biaya yang dikeluarkan cukup besar karena kerusakannya sistemik dan menyeluruh. Kita bisa mengeluarkan dana lebih dari Rp. 500,000.

Set Secondary spring, Secondari sliding sheave, V-belt dan Roller.


Bagian yang harus diganti pada kerusakan sistemik adalah sebagai berikut :

1. V-belt   @ 70.000
2. Set Secondary @ 52.000
3. Seal felt/ O ring @ 50.000
4. Roller/ weight 5 buah @ 55.200
5. Secondary Sliding Sheave @ 163.000
6. Seal felt/ seal oli @ 50.000
7. Grease CVT @ 9000
8. Ongkos pekrjaan+service @ 60.000

note :kerusakan tersebut belum yang kategori parah jadi ada bagian yang masih bisa dipakai, bila sudah parah lebih besar lagi biayanya.

1 komentar:

  1. halo gan mau tanya nih gimana sih caranya ganti seal/felt, mhn jelasin gan terima kasih

    BalasHapus